Kanker Mulut Rahim Serviks

Walaupun merupakan organ yang keajaibannya sungguh mengagumkan, rahim tidak luput dari masalah kesehatan. Di antara wanita, kanker mulut rahim serviks adalah yang paling umum pada organ-organ perkembangbiakan setelah kanker payudara. Mulut rahim tidak memiliki ujung saraf sehingga kanker yang timbul baru hanya akan terasa setelah penyakit itu menjadi parah. Akan tetapi, untunglah ada pemeriksaan laboratorium yang dapat mengetahui secara dini ada atau tidaknya penyakit ini.

Kanker mulut rahim serviks dan dindingnya memiliki peluang sebesar 90% untuk disembuhkan jika telah diketahui secara dini. Gejala-gejala awal kanker mulut rahim cenderung mulai tampak pada usia antara 25-40 tahun. Jika kanker yang timbul pada kurun usia ini tidak diobati, dalam tempo 5-10 tahun akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mengganasnya kanker ini akan ditandai pendarahan. Jika telah mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya peluang untuk kesembuhannya hanya tinggal 65%.

Angka statistik menunjukkan adanya hubungan antara perilaku seksual dengan tingkat peluang untuk mengidap kanker mulut rahim serviks. Data menunjukkan bahwa mereka memiliki peluang tinggi menderita kanker ini adalah yang telah mulai melakukan hubungan seksual pada usia relatif muda atau melakukannya dengan banyak orang. Salah satu penyebab kanker jenis ini adalah infeksi virus herpes, yaitu sejenis virus yang dapat ditularkan melalui hubungan kelamin.

Kanker lapisan lendir dinding rahim (endometrium) lebih jarang daripada kanker mulut rahim serviks. Kanker mulut rahim umumnya menyerang wanita usia setengah baya sedangkan kanker dinding rahim menyerang wanita diatas usia 50 tahun, terutama pada usia 60-70 tahun.

Sekitar 90% dari kasus kanker dinding rahim terjadi setelah usia subur. Oleh karena itu salah satu cara pengobatan yang baik adalah operasi pengangkatan rahim yang disebut histerektomi. Operasi ini dapat menimbulkan tekanan batin bagi seorang wanita yang masih ingin mengandung, namun tidak menimbulkan banyak masalah bagi mereka yang telah melewati usia subur. Operasi pengangkatan rajim tidak akan menganggu normalnya kehidupan seksual seorang wanita.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Mulut Rahim and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *